Album SLB Mentari Kita

Selasa, 17 September 2013

MARI MENGENAL AUTIS...


A.  Apakah Autisme ?
Autisme adalah gangguan perkembangan yang berdampak pada kemampuan berkomunikasi, memahami bahasa, bermain, dan berinteraksi dengan orang lain.

B.  Bagaimana Ciri-Ciri Anak Autistik itu ?
Secara fisik anak autistik tidak bisa dibedakan, tetapi secara umum gangguan autisme dapat diamati dari bentuk perilaku yang sering muncul.
1.    Aspek Interaksi Sosial-emosional
-          Kontak mata sangat kurang.
-          Ekspresi muka kurang hidup.
-          Gerak-gerik yang kurang tertuju.
-          Menolak untuk dipeluk.


-          Tidak menengok bila dipanggil.
-          Menangis dan tertawa tanpa sebab.
-          Tidak tertarik pada mainan.
-          Bermainan dengan benda yang bukan mainan, seperti menjejerkan beberapa pensil.
-          Tidak bisa bermain dengan teman sebaya.
-          Tidak dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain, seperti ketika orang sedang sedih dia       tidak ada respon.
-          Kurangnya hubungan sosial dan emosional yang timbal balik.

2.    Aspek komunikasi timbal balik
-          Bicara terlambat atau sama sekali tidak berkembang.
-          Tidak ada usaha untuk mengimbangi komunikasi dengan cara lain tanpa bicara.
-          Menarik tangan bila ingin sesuatu.
-          Bahasa isyarat tidak berkembang.
-          Bila bisa bicara, bicaranya tidak dipakai untuk komunikasi.
-          Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang.
-          Cara bermain kurang variatif, kurang imajinatif, dan kurang bisa meniru.

3.    Aspek Minat terbatas
-    Mempertahankan satu minat atau lebih dengan cara yang khas dan berlebih-lebihan, misalnya senang menggambar logo televisi atau menulis slogan-slogan yang dilakukan setiap ada kesempatan.
-  Terpaku pada satu kegiatan yang ritualistik atau rutinitas yang tidak ada gunanya, misalnya sebelum makan, makanan dicium dulu.
-   Ada gerakan-gerakan yang aneh dan diulang-ulang, misalnya mengepak-ngepakkan tangan sambil loncat-loncat
-    Seringkali sangat terpukau pada bagian-bagian benda, misalnya senang memperhatikan roda.

C.  Bagaimana kondisi kognitif anak autistik?
-       Ada yang mempunyai daya ingat yang sangat kuat terutama yang berkaitan dengan objek visual.
-       Ada yang mempunyai daya rata-rata.
-       Ada yang mempunyai daya ingat yang kurang.

D.  Apakah penyebab autisme?
-                      - Faktor Biologis
-                      - Faktor Neurobionatomi.
-                      - Faktor Genetik (keturunan).
-                      - Faktor Perinatal (saat kelahiran).
-                      - Kejang.
-                      - Kelainan Kromosom X.
-                      - Infeksi Virus (rubella, herpes, simplex,  encephalitis, dan cytiomegaovirus).

E.   Apa saja Intervensi Dini bagi Anak Autistik ?
-                      - Terapi Wicara.
-                      - Terapi Okupasi.
-                      - Intervensi Pendidikan (Terapi Pedagogie).
-                      - Terapi Bermain.
-                      - Terapi Medikamentosa (obat-obatan).
-                      - Terapi melalui makanan (diet therapy).
-                      - Terapi Sensori Integrasi.
-                      - Terapi  Auditori Integrasi.
-                      - Hydro Therapy.
-                      - Terapi Musik.

F.   Bagaimana Model Pelayanan bagi Anak Autistik ?
L              1. Layanan Asesmen.
             Layanan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan hambatan belajar anak autistik pada saat                 ini sebagai bahan untuk mengembangkan program pembelajaran.

2              2. Kelas Transisi.
             Kelas ini terdapat di sekolah regular dan diperuntukkan bagi anak autistik yang telah diterapi serta                 memerlukan layanan khusus.

3              3. Program Pendidikan Inklusif.
              Program ini dilaksanakan oleh sekolah regular yang memeberikan layanan bagi anak austistik sesuai               kebutuhan anak.

4              4. Sekolah Khusus Autis di SLB.
             Sekolah ini diperuntukkan khusus bagi anak autistik terutama yang tidak memungkinkan dapat                       mengikati pendidikan di sekolah regular.

5             5. Program sekolah di Rumah (Home schooling).
            Sekolah ini diperuntukkan bagi anak autistik yang tidak memungkinkan dapat mengikati pendidikan               di sekolah regular maupun sekolah khusus.

G.   Apa saja Pendekatan Pembelajaran untuk Anak Autistik?
-              Intervensi LEAP (Learning Experience and Alternative Program for Preschool  and Parents). Anak              autistik dibawa langsung ke dalam lingkungan sosial dan belajar berperilaku melalui pengamatan                     terhadap  perilaku orang lain.
-              Floor Time, Teknik pembelajaran melalui kegiatan interaksi kreatif.
-             Pendekatan Behaviouristik, Pendekatan ini didasarkan pada trial and error training (uji coba), promting          (bantuan), reinforcement


Sumber: BPPTK-PLB JABAR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar